Teteskan Ludah di iPhone, Penyakit pun Diketahui




London – Biasanya, orang pergi ke dokter untuk melakukan diagnosa pada penyakit yang ia derita. Kini, posisi dokter bisa terancam karena iPhone pun bisa melakukan diagnosa itu.
Tim ilmuwan Korea Selatan yang didanai pemerintah saat ini sedang mengembangkan teknologi smartphone yang dirancang mampu mendiagnosa penyakit. Menakjubkannya, hasil diagnosa bisa diketahui secara instan dari tetesan darah atau air ludah pada layar sentuh smartphone seperti dikutip DM.

Teknologi revolusioner ini disebut-sebut memiliki keakuratan hampir 100% dan sama efektifnya dengan perlengkapan medis konvensional. Tim di Korea Advanced Institute of Science and Technology ini mengatakan, saat teknologi ini dikomersilkan, teknologi ini akan merevolusi metode diagnosa di seluruh dunia.

Profesor Park Hyun-Gyu mengatakan, hasil riset ini akan memberi kemampuan smartphone mendiagnosa penyakit dari kanker hingga diabetes.

Di sisi lain, peneliti Won Byoung-Yeon mengaku, penelitian ini butuh penelitian mendalam agar teknologi ini sempurna. [mor]

http://teknologi.inilah.com/read/detail/1824771/teteskan-ludah-di-iphone-penyakit-pun-diketahui

0 comments:

Post a Comment