Materi Fisik ke Depannya Bisa Diunduh?




California - Situs berbagi file, Pirate Bay, sudah mulai menyiapkan fitur pengunduhan materi fisik untuk ke depannya. Benarkah? Seperti apa?
Seperti dikutip dari Mashable, situs Pirate Bay kini memperkenalkan sebuah kategori baru bernama 'Physibles'. Ini merupakan antisipasi apabila suatu hari nanti 'pengguna ingin mencetak bagian-bagian untuk kendaraan mereka'.

"Physibles adalah objek data yang memungkinkan untuk dijadikan dalam bentuk fisik," ujar pihak Pirate Bay di-posting-an resmi blog mereka.

Dengan kata lain, file-file futuristik tersebut dimaksudkan untuk dicetak melalui 3D Printer. Meski teknologi semacam itu belum ada, namun Pirate Bay percaya bahwa teknologi tersebut akan segera terwujud.

"Ke depannya, Anda akan dapat mengunduh dan mencetak sepatu sneaker pesanan sendiri," ujar mereka.

Kategori Physibles di stius Pirate Bay terdiri dari tiga file yang bisa diunduh. Termasuk data untuk 'mencetak' material peluit, robot mini dan miniatur Chevrolet Chevelle 1970.

Pirate Bay percaya bahwa teknologi printing 3D dapat membuat perubahan besar di masyarakat.

"Bakal tidak ada lagi ongkos pengiriman yang mahal ke seluruh dunia. Semuanya dapat dihemat," kata Pirate Bay.

The Pirate Bay saat ini pun telah menjadi tempat berbagi file terbesar untuk film dan musik. Apabila teknologi printer 3D sudah betul-betul jadi, maka pelanggaran hak cipta bakal lebih banyak lagi terjadi. [mor]

http://teknologi.inilah.com/read/detail/1822747/materi-fisik-ke-depannya-bisa-diunduh

0 comments:

Post a Comment